Headlines News :
Home » , , » UNES Bina Empat Keltan, Tingkatkan Produksi Coklat dengan Asap Cair

UNES Bina Empat Keltan, Tingkatkan Produksi Coklat dengan Asap Cair

Written By zulfadli on Selasa, 06 Agustus 2013 | 07.30

Universitas Ekasakti laksanakan pelatihan program hibah bina desa (PHBD) untuk empat kelompok tani di Kenagarian Sungai Buluh, Kabupaten Padang Pariaman beberapa waktu lalu. Kegiatan yang diikuti 40 peserta itu itu dihadiri Rektor Universitas Ekasakti yang diwaliki Pembantu Rektor I Dang Sri Chaerani, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti I Ketut Budaraga.

Disebutkan oleh Ketua Pelaksana PHBD, Wawan Sumarno, kegiatan itu dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa peduli kepada nagari. Kegiatan terdiri dari sosialisasi dan praktek lapangan yang disejalankan dengan kegiatan KKN PPM UNES.

Sekaitan praktek, kata Wawan, dibentuk demplot aplikasi asap cair kepada petani yang memiliki kebun coklat. Mereka tergabung dalam tiga kelompok  tani meliputi Kelompok Tani Karya Abadi, Kelompok Tani Tunas Harapan, Kelompok Tani Saiyo Sakato.

Menurut Wawan, perlunya praktek ini karena petani coklat dihadapkan pada rendahnya produksi buah kakao akibat keterbatasan pengetahuan petani seputar pencegahan hama dan penyakit hingga penanganan pasca panen. Wawan berharap pelatihan dan praktek yang dilakukan bisa menerapkan teknologi asap cair yang diteliti oleh staf pengajar di fakultas pertanian universitas itu.

Rektor yang diwakili Pembantu Rektor I, Sri Chaerani menyambut gembira kegiatan tersebut. Dia memotivasi agar terus dilanjutkan di masa datang. Sri menegaskan kegiatan ini bisa jadi pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen UNES. Bahkan Sri berencana menjadikan Nagari Sungai Buluh menjadi binaan UNES.

Walinagari Sungai Buluh yang diwakili Walikorong Tanjung Basung I menyambut baik rencana Sri. Dia menyatakan hal itu amat bermanfaat bagi warganya yang umumnya bertanam coklat.

Dia berharap, kegiatan ini menjadi jawaban bagi kesulitan petani selama ini. Hasil panen yang tidak memuaskan, membuat mereka kurang bergairah mengelola kebun coklatnya.

Ikut hadir dalam kegiatan itu Kepala UPTD Dinas Pertanian Batang Anai, Abdul Manan, alumni UNES yang juga Ketua Dekopinwil Sumbar, Chairul Darwis, narasumber yang memperkaya materi pelatihan Syamsuwirman dan Mahmud ((Dosen Fakultas Pertanian UNES). Demikian relis yang diterima Singgalang. (zul)
Share this article :

0 komentar :

Poskan Komentar

Mohon komentari untuk pengembangan web ini selanjutnya

 
Support : Bisnis UKM | Kemenkop | Okebana RSS | Sentra UKM

Copyright © 2012. Okebana - All Rights Reserved
Template Dimodifikasi Oleh Zulfadli
Wartawan Harian Singgalang